Upacara pemberangkatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya TA 2017 dalam rangka HJK Tahun 2017

Cikarang-Upacara penyerahan simbol dan pemberangkatan Peleton Beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Jaya TA 2017 dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika dan HUT Infanteri Tahun 2017 secara resmi diberangkatkan. Pelaksanaan pemberangkatan Tonting etape I ini di lapangan Plaza komplek perkantoran Pemda Kab Bekasi Desa Sukamahi Kec Cikarang pusat Kab Bekasi, Sabtu (16/12).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI Herianto Syahputra dan sebagai Komandan Upacara (Danup) Letda Inf Indra Faturusi dari Yonif Mekanis 203/AK.

Dalam amanat Pangdam Jaya/Jayakarta pada upacara tersebut yang dibacakan Kasdam Jaya/ Jayakarta Brigjen TNI Herianto menyampaikan, kegiatan gerak jalan Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya, merupakan momen penting yang setiap tahun rutin dilaksanakan oleh prajurit TNI AD khususnya Kecabangan Infanteri.

Dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk memupuk jiwa korsa dan rasa kebanggaan prajurit Infanteri sebagai pasukan terdepan dalam setiap pertempuran serta menanamkan nilai-nilai kejuangan, semangat pantang menyerah dan keteladanan Panglima Besar Jenderal Sudirman kepada prajurit muda TNI AD.

Kasdam Jaya juga menjelaskan dimana hakikat gerak jalan Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya bukan sekedar memberikan kesan peristiwa yang seremonial atau kegiatan penciptaan kebanggaan dalam arti sempit saja.

“Kegiatan ini sebagai upaya untuk menggali nilai-nilai patriotisme guna membangun kekuatan dan semangat bagi prajurit Infanteri dalam melanjutkan tugas pengabdiannya kepada bangsa dan negara Indonesia,“ terangnya.

Dilain itu Kasdam Jaya juga menekankan agar segenap prajurit dapat memaknai kegiatan ini secara sungguh-sungguh serta menempuh setiap etape dengan penuh semangat, karena sepanjang rute perjalanan akan dinilai dan dilihat oleh masyarakat.

“prajurit harus selalu membangun kedekatan dan kebersamaan dengan rakyat melalui berbagai macam kegiatan sebagai perwujudan kemanunggalan TNI-Rakyat,” Pungkasnya.

About yunanto nugroho

Check Also

Sukses selalu Bapak Kol Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo Tupdik Sesko TNI 2017