Pasukan Brigif 1 PIK/JS Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya

12042793_173362706335925_1182314710808947933_n-720x600Presiden Republik Indonesia bertindak sebagai Inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila. Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kapolresta Depok Kombes Polisi Dwiyono.

Adapun teks Pancasila dibacakan oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, pembacaan dan UUD RI 1945 oleh Ketua DPD RI Irman Gusman, penandatangan Ikrar oleh Ketua DPR RI Setya Novanto, dan pembacaan doa disampaikan oleh Dirjen Bimas lslam Kementerian Agama Machasin.

Sedangkan untuk kesatuan upacara pada kali ini berjumlah 1.029 peserta, yang terdiri dari pasukan upacara TNI dan Polri, pasukan upacara mahasiswa, KNPI, Pramuka, serta pasukan upacara pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK.

Sedangkan yang tampil sebagai paduan suara Aubade adalah siswa-siswi dari lima sekolah, yakni SMA 78 Jakarta, SMA Kristen 3 Penabur, SMA 39 Jakarta, SMA 49 Jakarta, dan SMA 34 Jakarta. Sementara, orkestra diisi oleh SMKN 2 Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Hari ini, merupakan peringatan ke-50 Tahun Kesaktian Pancasila. Tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2015 adalah Kerja Keras dan Gotong Royong Melaksanakan Pancasila.

Tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967 tentang Hari Kesaktian Pancasila, karena berkat kewaspadaan dan daya juang seluruh rakyat Indonesia atas pengkhianatan G30S/PKI yang akan menghancurkan Pancasila dapat ditumpas dan digagalkan.

Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh pemerintah untuk menanamkan pesan di hati seluruh masyarakat Indonesia bahwasanya Pancasila, sebagai ideologi negara tidak akan pernah tergantikan oleh paham apapun di Bumi Pertiwi, setelah sebelumnya terjadi upaya penggantian ideologi negara yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

About yunanto nugroho

Check Also

Perkokoh Sinergitas TNI-Polri, Kapendam Jaya Kunjungi Humas Polda Metro Jaya

<p style=”text-align: justify;”>Guna memperkokoh sinergitas TNI-Polri yang telah terjalin antara Kodam Jaya dengan Polda Metro …

%d blogger menyukai ini: