Pangdam Jaya Lepas Kontingen Yong Moo Do Kodam Jaya Bertarung di Pertandingan Nasional Bela Diri Yong Moo Do Piala Kasad V Tahun 2015

DSC_0224“Kepercayaan yang telah diberikan kepada kalian, hendaknya dapat dipertanggung jawabkan dengan sungguh-sungguh sehingga diharapkan dapat mengangkat Bendera Kodam Jaya/Jayakarta setinggi-tingginya di event yang sangat bergengsi ini, Perintah dari pimpinan adalah kehormatan, sekarang tinggal manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena kesempatan tidak akan datang kedua kalinya,” demikian yang disampaikan Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Lhaksmana saat memimpin acara tradisi korps Pelepasan kontingen Kodam Jaya untuk mengikuti Pertandingan Nasional II Bela Diri Yong Moo Do Piala Kasad V Tahun 2015. Bertempat di Lapangan Brigif-1 PIK/Jayasakti, Senin (07/12).

Perhelatan akbar ini akan digelar di Gedung Olah Raga Cahaya Lestari Surabaya tanggal 12-14 Desember 2015 Jaya/Jayakarta 2015. Kontingen Kodam Jaya yang diikuti 29 Personel terbaik Kodam Jaya kali ini dipimpin oleh Komandan Yonif Mekanis-203/Arya Kamuning Mayor Inf Agus Harimurti Yudhoyono yang terus memberikan semangat dan motivasi kepada setiap Prajurit Kodam Jaya. Nantinya Kontingen Kodam Jaya akan bersaing dengan Kontingen lainnya dari Kotama seluruh Indonesia.

Saat ini beladiri Yong Moo Do di Indonesia belum sepopuler taekwondo, meskipun sama-sama dari Korea Selatan. Namun beladiri yang masuk ke Indonesia pada 2002 ini menjadi beladiri wajib wajib di TNI Angkatan Darat sejak 2008, seni beladiri Yong Moo Do sendiri mengandalkan ketepatan, kecepatan dan kekuatan dalam duel jarak dekat, yang menjunjung sportifitas dan patriotisme, dengan menggunakan tangan kosong dan saat ini Yong Moo Do mulai disosialisasikan kepada masyarakat umum, dengan mendirikan Federasi Yong Moo Do Indonesia (FYI).

Sejak didirikannya Federasi Yongmoodo Indonesia (FYI), seni beladiri asal Korea ini pun mulai disosialisasikan kepada masyarakat umum di tahun 2012 ini. Sosialisasi beladiri Yong Moo Do itu berupa roadshow ke sejumlah kota besar di Indonesia. Dalam sosialiasi tersebut, diperagakan sejumlah jurus yang dilakukan oleh atlet Yong Moo Do.

Kegiatan kejuaraan Nasional Bela Diri Yong Moo Do ke V tahun 2015 ini, rencananya akan diikuti oleh 20 kontingen dari seluruh Kodam dan Kotama jajaran TNI-AD serta Pengurus Daerah (Pengda) Yong Moo Do diseluruh Indonesia. Tiap-tiap kontingen 24 orang terdiri dari Official dan Pendukung 5 orang baik putra maupun putri. Dengan cabang pertandingan masing-masing Kelas perorangan Putra, Kelas perorangan Putri dan Kelas beregu Putra. Sedangkan Materi Pertandingan antara lain; Pertama Perorangan putra: Terdiri dari Kelas – 60 kg, Kelas – 65 kg, Kelas – 70 kg, Kelas – 75 kg, Kelas – 80 kg, Kelas – 85 kg, Kelas – 90 kg dan Kelas + 90 kg. Kedua Perorangan putri: Terdiri dari Kelas – 55 kg, Kelas – 60 kg, Kelas – 65 kg dan Kelas + 65 kg. Ketiga: terdiri dari Beregu Putra (5 orang + 2 cadangan). Metode pertandingan yang digunakan menggunakan Sistem gugur tanpa unggulan baik pada perorangan maupun beregu. Sedangkan dalam kejuaraan ini yang di perebutkan antara lain : Juara I, II dan III dari masing-masing kelas putra, Juara I, II dan III dari masing-masing kelas putri, Juara I, II dan III beregu putra dan Juara umum.

Pangdam Jaya menekankan kepada Ketua Kontingen dan para pendukung agar senantiasa selalu menggelorakan semangat bertanding kepada para prajurit dan mencurahkan perhatian penuh demi keberhasilan kontingen. “Bangun selalu kepedulian, kekompakan dan kebersamaan semua yang tergabung dalam kontingen ini, sehingga tugas yang dipercayakan dapat diemban dengan baik,” harap Pangdam Jaya/Jayakarta sekaligus mengingatkan, senantiasa berdoa kepada Tuhan YME dalam setiap mengawali kegiatan guna memohon bimbingan, kekuatan dan perlindungan demi meraih kesuksesan.

About yunanto nugroho

Check Also

Perkokoh Sinergitas TNI-Polri, Kapendam Jaya Kunjungi Humas Polda Metro Jaya

<p style=”text-align: justify;”>Guna memperkokoh sinergitas TNI-Polri yang telah terjalin antara Kodam Jaya dengan Polda Metro …

%d blogger menyukai ini: