Brigif Mekanis 1 PIK/JS laksanakan Upacara Peringatan Hari Ibu ke-89 tahun 2017

Brigif Mekanis 1 PIK/JS laksanakan Upacara Peringatan Hari Ibu ke-89 tahun 2017, dengan Inspektur Upacara Kepala Seksi Teritorial Mayor Inf Masrokan bertempat di Lapangan upacara Brigif Mekanis 1 PIK/JS, Kalisari Jakarta Timur, Jumat (22/12/2017).

Peringatan hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember tersebut diikuti Prajurit Denma Brigif Mekanis 1 PIK/JS

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Prof. DR Yohana Susana Yembise, PH.D dalam Sambutan yang dibacakan kepala Seski Teritorial Brigif Mekanis 1 PIK/JS, Mayor Inf Masrokan menyampaikan bahwa peringatan hari Ibu yang dilaksanakan setiap tahunnya bertujuan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Adapun tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman tenteram damai adil dan makmur sebagai mana di deklarasikan pertama kali dalam konggres perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Peristiwa ini sekaligus sebagai tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia dan diperingati setiap tahunnya baik dalam maupun di luar negeri.

Adapun komitmen pemerintah juga dibuktikan dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 316 tahun 1959 yang menetapkan bahwa tanggal 22 Desember sebagai hari Ibu sekaligus hari Nasional bukan hari libur. Peringatan hari Ibu ini juag menunjukan bahwa kaum perempuan Indonesia telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukanya dengan kaum laki-laki mengingat keduanya merupakan sumber daya manusia dan potensi yang turut menentukan keberhasilan pembangunan.

Sesuai tema Hari Ibu yaitu “Perempuan berdaya, Indonesia Jaya” diharapkan bisa meningkatkan akses ekonomi menuju perempuan mandiri sejahtera dan bebas dari kekerasan. Selain itu perempuan diharapkan mampu meningkatkan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang diantaranya bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan kehidupan keluarga, kehidupan bermasyarakat dan kuat dalam menyikapi perbedaan budaya.

About admin

Check Also

Sukses selalu Bapak Kol Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo Tupdik Sesko TNI 2017